Ciptakan Nuansa Elegan Di Rumah Dengan Granit Lantai

Memilih jenis lantai memang merupakan bagian paling penting dalam menyusun interior rumah. Karena lantai yang akan kita pilih dapat memberikan pengaruh begitu besar terhadap nuansa dan kesan yang ditimbulkan dari ruangan itu sendiri. Mungkin kamu juga telah mengetahui bahwa saat ini jenis lantai yang paling sering dipasang di rumah – rumah adalah lantai keramik dan lantai granit.

Nuansa Elegan Di Rumah Dengan Granit Lantai

Bila dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, granit lantai memang lebih banyak peminatnya karena harganya yang lebih murah serta mampu menciptakan kesan yang elegan dan mewah. Selain itu, karena terbuat dari batuan magma, granit memiliki ketahanan yang lebih awet dan lebih kokoh sehingga tidak mudah pecah. Jika dirawat dengan baik, lantai ini akan menjadi berkilau dan terlihat seperti barang mahal.

Apa Saja Keunggulan Lantai Granit?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, lantai jenis granit ini lebih unggul dibanding lantai keramik karena terbuat dari batuan magma yang menjadikannya awet dan tidak mudah pecah. Granit lantai dibuat dengan cara pembakaran pada suhu 1000 derajat celcius sehingga memiliki permukaan yang halus dan cemerlang. Berbeda dengan lantai keramik yang permukaannya yang mudah kusam bila dipakai dalam jangka waktu bertahun – tahun. Karena terbuat dari batuan yang kuat, granit tidak mudah tergores meskipun sering terkena gesekan atau tekanan benda – benda berat.

Selain itu, tampilannya juga lebih menarik karena sambungan antar lantainya hampir tidak terlihat sehingga tidak akan menimbulkan pola kotak – kotak seperti halnya lantai keramik. Jika kamu menggunakan granit yang bermotif, maka tampilannya akan menjadi semakin unik lagi. Ada banyak motif yang bisa kamu dapatkan di setiap produsen yang menjual granit. Tetapi, pastikan kamu tidak asal pilih saat membelinya. Sesuaikanlah motif tersebut dengan konsep atau desain interior yang telah dirancang.

Keunggulan Lantai Granit

Jangan sampai motif yang kamu pilih itu ternyata benar – benar tidak sesuai dengan desain interiornya. Kalau seperti itu kan, percuma saja memasang granit. Karena motif yang berlawanan dengan konsep ruangan tidak akan memberikan kesan elegan. Oleh karena itu, pertimbangkan baik – baik dengan desain interiornya. Sebagai contoh, kamu bisa memilih granit motif kayu untuk ruangan bertema klasik.

Bagaimana Cara Merawatnya?

Meskipun granit lantai terbuat dari batu, bukan berarti kamu sama sekali tidak diwajibkan untuk merawatnya. Apalagi, lantai ini memiliki pori – pori yang cukup besar sehingga bisa menumpuk kotoran atau debu halus. Kalau sudah begini, bisa – bisa granit yang kamu pasang tidak akan tampak berkilau lagi. Maka dari itu, kamu tetap perlu memperhatikan perawatannya supaya granit bisa terus mengkilap seperti saat pertama kali dipasang.

Baca juga: Ide Kaca Tempered Untuk Solusi Kamar Mandi 

Sebenarnya tidak ada teknik khusus dalam merawat granit lantai, kamu hanya perlu menjaganya dari kotoran dan membersihkannya secara rutin. Untuk menjaga permukaan granit supaya tetap halus, sebaiknya jangan gunakan kain pel saat membersihkannya. Karena kain pel tersebut bisa mengakibatkan goresan akibat gosokan dari debu yang menempel pada granit. Gunakanlah vacuum cleane agar granit tidak mudah lecet. Lakukanlah pembersihan dengan cara seperti ini setiap hari, jangan biarkan debu atau kotoran lainnya menumpuk dan meninggalkan bekas noda. Saat granit terkena tumpahan cairan kotor seperti teh dan kopi, segera bersihkan dengan menggunakan lap kering. Ingat! Jangan menggosok lap tersebut terlalu keras karena bisa menimbulkan goresan pada granit. Selain itu, dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya 3 bulan sekali, bersihkan granit menggunakan baking soda atau cairan pembersih khusus untuk granit supaya tetap berkilau dan terlihat seperti baru.