Kelebihan Tembaga Sebagai Pengantar Listrik yang Menjadikannya Pilihan Terbaik

Hal-hal yang berkaitan dengan mekanikal elektrikal merupakan bagian penting di dalam bangunan hunian Anda. Hal ini tidak saja berkaitan dengan kenyamanan tapi juga keamanan Anda dan seluruh penghuni rumah. Oleh karena itu, pemilihan perangkat harus juga disesuaikan dengan daya listrik dan juga kemampun penghantar listrik yang baik. Kabel merupakan salah satu benda yang harus mendapatkan perhatian dalam pemasangan listrik di rumah kita.

Saat ini, ada beberapa jenis bahan konduktor (penghantar listrik) yang umumnya terbuat dari logam. Seperti misalnya sebut saja besi, tembaga, aluminium, kuningan, baja, platina dan lain sebagainya. Pemilihan logam sebagai konduktor tidak lain dikarenakan logam adalah penghantar listrik yang baik. Salah satu penghantar listrik terbaik dari logam adalah tembaga

Kelebihan Konduktor Tembaga

Kabel dengan bahan tembaga merupakan jenis kabel yang paling umum digunakan oleh kontraktor listrik dalam instalasi kelistrikan. Ada beberapa kelebihan tembaga senagai penghantar listrik yang membuatnya sering menjadi pilihan utama.

1. Memiliki Hambatan Jenis Cukup Kecil

Setiap konduktor memiliki nillai hambatan jenis (rho) dalam penghantaran listrik. Semakin besar nilai hambatan jenis, maka semakin besar juga kerugian listrik yang bisa terjadi. Sebaliknya, semakin kecil nilai hambatan jenisnya, maka semakin sedikit juga kerugian listrik yang bisa terjadi.

Tembaga, memiliki hambatan jenis yang cukup kecil dari jenis konduktor lainnya. Karena itulah tembaga sangat baik untuk digunakan sebagai kabel penghantar listrik, karena dapat meminimalisir kerugian daya listrik.  Walaupun demikian, tembaga bukanlah bahan konduktor dengan hambatan terkecil. Pilihan pada tembaga dijatuhkan karena beragam kelebihan lainnya yang dimiliki tembaga.

2. Lebih Ekonomis

Konduktor dengan bahan tembaga memiliki harga yang lebih ekonomis. Namun demikian, konduktor tembaga masih dapat diandalkan dengan sangat baik. Walaupun ada konduktor lain dengan nilai hambatan jenis yang lebih kecil, seperti perak, namuan dari segi harga, konduktor bahan perak lebih mahal dari kabel bahan tembaga.

3. Lebih Aman

Alasan yang cukup penting kenapa kabel dengan konduktor berbahan tembaga lebih sering digunakan dalam instalasi mekanikal elektrikal, adalah dikarenakan konduktor berbahan tembaga lebih aman. Hal itu dikarenakan bahan tembaga memiliki sifat mudah melebur, juga mudah menyerap panas dan mudah juga melepaskan kembali panas tersebut.

Baca juga: Jangan Remehkan Pencahayaan Perpustakaan Kita

Sehingga, jika sampai terjadi gangguan arus listrik yang mengalir kabel dari bahan tembaga bisa segera putus. Selain itu suhu tembaga juga akan meningkat dengan cepat. Hal ini bermanfaat untuk dijadikan indikator memicu alat pengaman listrik seperti sekring, MCB dan pengaman lainnya yang bekerja berdasarkan derajat suhu, untuk langsung berfungsi.

4. Kelenturan уаng cukup baik

Kelebihan lainnya dari bahan tembaga ini sangat membantu dalam pemasangan instalasi listrik pada bangunan. Yakni sifat konduktor berbahan tembaga yang memiliki kelentiran cukup baik. Sehingga dapat mempermudah pada saat digunakan dalam jaringan listrik.

5. Bobot tembaga cukup ringan

Sebagai benda yang harus bisa ditempatkan dimana saja, konduktor berbahan tembaga juga sangat praktis. Hal ini dikarenakan bobot tembaga yang cukup ringan. Hal ini juga sangat membantu pada saat pemasangan. Hal ini dikarenakan bahan tembaga mempunyai massa jenis benda yang cukup kecil, yang turut mempengaruhi bobot tembaga menjadi lebih ringan.

Itulah sederet kelebihan yang dimiliki konduktor berbahan tembaga untuk digunakan sebagai tembaga. Dengan berbagai kelebihannya tersebut, maka tidaklah mengherankan, jika banyak kontraktor listrik yang lebih memilih kabel dengan konduktor berbahan tembaga untuk instalasi listrik.