Mempertimbangan Penggunaan Teralis Tambahan pada Pintu Untuk Keamanan Tambahan

Pemasangan teralis rumah telah memiliki peminat yang kian meningkat. Jika biasanya teralis identik dengan teralis jendela, maka sekarang pemasangan teralis tambahan pada pintu juga mulai sering dilakukan. Alasan pemasangan teralis pada pintu tidak saja semata-mata dikarenakan pertimbangan faktor keamanan. Tapi juga faktor keindahan.

Ya. selain sebagai pengaman, teralis juga berfungsi sebagai ornamen penghias hunian. Dimana saat ini model teralis pun sudah sangat beragam. Sehingga Anda dapat memilih model teralis yang sesuai dengan konsep bangunan Anda. Anda pun dapat menyesuaikan desain teralis sesuai model pintu UPVC, kayu atau aluminium yang Anda gunakan.

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan

Jika Anda masih bingung memilih teralis pintu yang sesuai untuk pintu UPVC, kayu atau aluminium yang ada di rumah Anda, berikut ini beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam pemasangan tralis di rumah Anda.

Pertimbangkan Resiko

Pertama kali yang harus Anda pertimbangkan, adalah alasan kenapa pemasangan tersebut penting untuk Anda lakukan. Karena, walaupun teralis dapat melindungi Anda dari ancaman luar, tidak jarang teralis juga dapat membahayakan pada kondisi darurat. Seperti misalnya pada saat terjadi bencana kebakaran, atau gempa bumi. Bisa dipastikan teralis juga dapat menghambat proses evakuasi penghuni rumah.

Oleh sebab itu, gunakan teralis yang dapat menyulitkan untuk dibuka dari luar, namun lebih mudah jika dibuka dari sisi dalam rumah. Tentukan juga area penempatan teralis, terutama pada pintu dan jendela di area yang berbatasan langsung dengan area luar rumah.

Material Teralis

Ada berbagai jenis material teralis yang dapat dipilih. Saat ini, teralis dari besi tempa dan plat, serta berbahan besi behel lebih banyak dipilih. Namun selain itu, ada juga teralis dari aluminium bahkan dari kayu. Namun demikian, aluminium dan kayu merupakan bahan yang mudah sekali digergaji atau dirusak. Apalagi, jika Anda menggunakan pintu UPVC, penggunaan bahan kayu malah akan terlihat tidak serasi.  Material besi dan baja bisa menjadi pilihan terbaik.

Ukuran Material Teralis

Kembali lagi, mengenai ukuran pun dapat disesuaikan dengan yang Anda inginkan. Namun umumnya, teralis besi menggunakan besi dengan diameter 1 cm. Sementara untuk teralis plat berukuran 1 inchi. Ukuran material teralis bisa saja ditambah, seandainya kusen pintu cukup lebar, atau Anda ingin membuatnya lebih kokoh.

Motif Teralis

Saat ini sudah terdapat beragam model teralis pintu yang dapat dipilih. Beberapa model di antaranya adalah: model dengan motif bunga, lengkungan yang artistik, model daun, model garis, serta beraneka variasi bentuk yang dapat disesuaikan. Untuk memilih model dan motif teralis, maka Anda harus mempertimbangkan juga desain atau gaya bangunan Anda. Sehingga, teralis pintu Anda dapat memaksimalkan fungsinya sebagai bagian dari estetika interior di rumah Anda.

Baca juga: Plafon GRC atau Triplek, Manakah yang Terbaik?

Misalnya jika rumaha dna bergaya klasik maka, Anda dapat memberikan senuhan tampilan mewah dengan memilih teralis yang memiliki alur yang rumit serta terdapat banyak lekukan variasi yang menawan. Sementara untuk hunian dengan gaya minimalis, motif yang memiliki alur sederhana yang kaku namun tampak elegan bisa jadi pilihan.

Warna Teralis

Umumnya, orang memilih warna hitam atau putih sebagai warna teralis. Namun demikian, sebenarnya teralis bisa saja dicat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Menggunakan warna cerah pada teralis pintu tidaklah haram. Namun demikian, sekali lagi harus disesuaikan agar dapat selaras dengan elemen-elemen lain lain yang terdapat di rumah Anda, agar tampilannya tetap selaras.

Jika Anda tidak mau pusing dengan masalah pemasangan teralis pada pintu, Anda dapat berkonsultasi dengan pihak yang lebih ahli dalam menangani teralis. Atau Anda dapat menggunakan kusen dan jendela pintu UPVC murah.

Kusen UPVC dapat menggunakan multi lock system atau sistem penguncian ganda. Dengan memasangkan beberapa pengait sekaligus, sehingga menghasilkan sisitem pengaman berlapis, akan membuat jendela dan pintu UPVC Anda sangat sulit untuk dibobol dari luar.