Tips Penting yang Harus Anda Lakukan Saat Memotong GRC

Pemasangan partisi untuk atap rumah, sekarang ini begitu tren dimasyarakat. Beragam bahan pun tersedia dengan berbagai manfaat serta keunggulannya. Salah satunya yakni partisi GRC, yang seringkali dijadikan pilihan untuk bahan pemasangannya. Meski begitu, ternyata proses pengerjaan maupun pemotongan GRC ini tidaklah mudah. Anda harus mengikuti tips serta cara pemotongan yang tepat, agar mendapatkan partisi yang terbaik.

Tips Memotong GRC

Bagaimana sih cara pemotongan bahan GRC yang tepat untuk partisi rumah? Pertanyaan ini seringkali menjadi kendala bagi sebagian orang. Anda mungkin tertarik untuk menggunakan GRC, namun terkendala proses pemotongannya yang sulit. Karena meski berbentuk seperti tripleks, namun GRC memiliki tekstur dan kekuatan seperti bahan beton.

Pemotongan GRC Harus Dilakukan Secara Tepat

Tips Memotong GRC yang Tepat

Proses pemotongan bahan GRC memang tidaklah mudah. Karena bahan pembuatan papan GRC atau fiberflat adalah zat fiber, semen putih, serta bahan-bahan lain. Material tersebut membuat GRC cenderung kuat seperti bahan beton, dengan struktur keras serta permukaannya yang cukup rata. Hal inilah yang membuat GRC lebih sulit dalam proses pemotongannya, jika dibandingkan material lain.

Padahal untuk mendapatkan hasil maksimal, anda harus mendapatkan potongan yang lurus dan juga rapi. Karena pemotongan yang asal asalan, akan membuat proses penyambungan menjadi tidak optimal.

Selain itu, adanya celah celah kasar juga membuat antara partisi ini sulit untuk disambung. Sehingga anda perlu menerapkan tips pemotongan yang tepat saat memasang GRC. Selain itu, tips pemotongan yang tepat juga efektif untuk mendapatkan dinding GRC yang rapi tanpa terlihat adanya minus.

Tips yang Tepat Untuk Pemotongan GRC

Tips yang Tepat Untuk Pemotongan GRC

Saat memotong GRC, anda perlu melakukannya secara tepat agar terhindar dari hasil pemotongan yang kasar dan permukaan tidak rata. Maka dari itu, anda perlu menerapkan tips pemotongan di bawah ini!

1. Gunakanlah meja khusus dengan lembaran kaca di atasnya untuk mempermudah pemotongan. Selain itu, penempatan kaca juga membuat permukaan alas menjadi lebih licin.

2. Jangan lupa menandai batas pemotongan memakai pensil maupun paku. Hal ini akan membuat pemotongan papan tidak bergeser dari ukuran yang diinginkan.

3. Pakailah tangan sebagai penahan penggaris saat pemotongan GRC agar tidak melewati batas yang ditandai. Gunakanlah penekanan yang penuh pada gergaji ataupun cutter, dan pastikan selalu pada jalur yang telah diberikan tanda. Usahakan goresan tidak melewati jalur yang ditandai, agar tidak menimbulkan celah ataupun permukaan yang tidak merata.

Baca juga: Berbagai Kreasi Partisi GRC untuk Hunian

4. Goreskanlah gergaji ataupun cutter yang digunakan secara berulang, agar tergores lebih dalam. Anda tidak perlu menggoreskan alat pemotong hingga papan terbelah. Cukup pastikan bahwa goresan yang terbuat sudah cukup dalam.

5. Saat proses pemotongan partisi GRC, gunakanlah kedua kaki sebagai penahan di papan yang tertutup penggaris. Lalu gunakanlah juga kedua tangan di posisi papan yang lain. Selanjutnya, patahkanlah papan GRC dengan kedua tangan anda.

6. Untuk mematahkan GRC dengan tangan, anda haruslah melakukannya secara pelan pelan. Caranya yakni dengan mendorong serta menarik papan, agar GRC terbelah sendiri. Jangan sesekali membelah GRC secara paksa. Hal ini akan membuat papan terbelah secara rapi, tanpa menimbulkan keretakan serta hasil yang kasar.

Tips tips di atas sangat penting anda lakukan untuk mendapatkan potongan yang lurus dan rapi. Dengan hasil yang maksimal, proses pemasangan dinding GRC pun menjadi lebih mudah. Hal ini karena tidak adanya permukaan papan yang kasar, sehingga menyulitkan penyambungan.